Thursday 9 March 2017

6 Sifat Manusia yang Unik

Manusia memiliki sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup yang lainnya.

1. Manusia sebagai makhluk yang berpikir
(homo sapiens)
Meski manusia mempunyai beberapa keterbatasan secara fisik, seperti ukuran, kekuatan, kecepatan, dan panca inderanyadibandingkan makhluk bumi lainnya, namun manusia lebih baik dalam menggunakanakalnya. Dengan kemampuan berpikirnya manusia bisa mengatasi kekurangannya. b)

2. Manusia sebagai pembuat alat
(homo fiber).
Meski memiliki kekurangan dari segi kemampuan fisik, tapi manusia bisa memenuhi semuakebutuhannya. Cara manusia untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan membuat alat.Dengan alat yang dibuatnya tersebut, manusia dengan mudah dapat beradaptasi denganlingkungannya.c)

3. Manusia dapat berbicara
(homo languens)
Kelebihan manusia daripada makhluk hidup lainnya yang adalah manusia bisa berbicara,sedangkan makluk hidup lainnya tidak. Manusia dapat berbicara melalui lisan maupun tulisansehingga ia dapat mengkomunikasikan apa yang diinginkannya.d)

4. Manusia dapat hidup bermasyarakat
(homo sosius)
Manusia merupakan makhluk sosial. Maksudnya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari manusia lainnya. Untuk mengatasi hal itu manusia pun hidup bermasyarakat dansaling membantu satu sama lainnya. Dengan demikian manusia bisa dengan mudahmemenuhi kebutuhannya.e)

5. Manusia dapat mengadakan usaha
(homo economicus).
Salah satu cara bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan mengadakantukar-menukar barang dan berjual-beli dengan manusia lainnya. Dengan kegiatan ini manusia bisa saling membantu dalam memenuhi kebutuhan masing-masing manusia tersebut denganmudah. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan makhluk bumi lainnya.f)

6. Manusia mempunyai kepercayaan dan beragama
(homo religious).
Hal lain yang membedakan manusia dengan penghuni bumi lainnya adalah, manusiamemiliki kepercayaan dan beragama. Manusia percaya dengan adanya kekuatan gaib yanglebih besar dan mengatur jagad raya ini.


No comments:

Post a Comment