Thursday 9 March 2017

Pengertian IAD menurut para Tokoh

-Ilmu Alamiah atau biasa disebut IPA yaitu ilmu yang sistimatis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan  gejala-gejala kebendaan dan  didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi, yang berarti  bahwa Ilmu Alamiah perlu dikaji pula dengan cara sistematis, atau dengan cara ilmu pasti, sehingga dapat menyimpulkan suatu konsep secara sistematis, dan terperinci. ( H. W. Fowler dalam bukunya “Sience” In Education)


-Ilmu Alamiah atau sering disebut IPA yaitu suatu  pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas- khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan,  penyusunan teori, eksperimentasi,  observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain. (H. ABAU AHMADI dan  A. SUPATMO dalam buku SAP Ilmu Alamiah Dasar)

-Definisi menurut Maskoeri Jasin jika dijabarkan definisi tersebut menjelaskan bahwa Ilmu Alamiah adalah kegiatan untuk mengkaji dan mencari penemuan atau percobaan tentang keadaan alam dan gejala-gejala di muka bumi dan alam semesta yang nantinya bisa menghasilkan suatu konsep dan prinsip, yang dapat mendorong manusia untuk melakukan kegiatan tersebut berulang-ulang, dan Ilmu Alamiah Dasar pun terbentuk untuk mengkaji konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip dari Ilmu Alamiah tersebut.
Penjelasan dari Maskoeri Jasin cukup menjelaskan inti dari Ilmu Alamiah, namun beliau kurang memperhatikan step-step dalam mengkaji Ilmu Alamiah.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Ilmu Alamiah adalah ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala yang terjadi di bumi, yang di observasi sehingga menghasilkan suatu konsep.


sumber:
Maskoeri Jasin dalam bukunya yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan PT Raja Grafindo Persada
H. W. Fowler dalam bukunya “Sience” In Education
H. ABAU AHMADI dan  A. SUPATMO dalam buku SAP Ilmu Alamiah Dasar

No comments:

Post a Comment