Thursday 9 March 2017

Mitos (Cerita Sebenarnya, Cerita Rakyat, Legenda)

Mitos memiliki kaitan dengan legenda dan cerita rakyat. Ketiganya merupakan cerita tradisional hanya berbeda jenis. 

Cerita rakyat tidak harus dianggap nyata oleh masyarakat yang melestarikannya, karena ya itu hanya sebuah ‘cerita’ yang pindah dari mulut ke mulut, latarnya pun bisa kapan saja dan dimana saja. Cerita Rakyat selain sebagai hiburan tetapi juga mengandung pesan-pesan moral yang bisa diambil. Contoh cerita rakyat yaitu;  Malin Kundang, Timun Mas, Keong Mas, dsb.



Sedangkan Legenda, memiliki banyak kesamaan dengan Mitos. Karena dianggap benar-benar terjadi oleh yang mempunyai cerita, namun legenda tidak dianggap suci. Lalu yang membedakan legenda dan mitos  adalah tokoh utamanya, dalam legenda tokoh utamanya manusia biasa, kalau mitos tokoh utamanya manusia super. Contoh Legenda yaitu; Danau Toba, Sangkuriang, Candi Prambanan, dsb.




Dan untuk mitos sendiri, adalah cerita tradisional yang dianggap benar dan suci oleh yang mempunyai cerita dan penganutnya. Biasanya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk supranatural, kadang mitos juga timbul dari peristiwa sejarah yang dilebih-lebihkan. Contoh mitos; Jangan bersiul pada malam hari karena mengundang setan. Padahal maksudnya adalah jangan bersiul agar tidak mengganggu orang-orang yang sedang tidur.



Sumber:

No comments:

Post a Comment